Ujian Nasional Perkembangan demokrasi di indonesia banyak dipengaruhi oleh berbagai aliran. kelompok aliran apa saja yang mempengaruhi perkembangan demokrasi di indonesia. diskusikan!

Perkembangan demokrasi di indonesia banyak dipengaruhi oleh berbagai aliran. kelompok aliran apa saja yang mempengaruhi perkembangan demokrasi di indonesia. diskusikan!

Pada kenyataannya, disebabkan karena multikulturalisme dari masyarakat indonesia, baik dalam aspek kebudayaan yang mencakup bahasa, pakaian dan karakteristik psikologi, ataupun dalam aspek fisik. Adapun kelompok aliran yang mempengaruhi perkembangan demokrasi di Indonesia secara umum terbagi menjadi 2  yakni aliran yang bercorak religius dan yang bercorak persatuan. Hal ini dapat dilihat pada keberagaman partai politik yang mengayomi pemerintahan yang ada di Indonesia. contoh partai yang bercorak religius adalah P3 sedangkan partai yang bercorak persatuan adalah demokrat.

Pembahasan

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana rakyat memiliki wewenang untuk mempertimbangkan dan memutuskan undang-undang ("demokrasi langsung"), atau untuk memilih pejabat pemerintahan untuk melakukannya ("demokrasi perwakilan"). Siapa yang dianggap sebagai bagian dari "rakyat" dan bagaimana otoritas dibagi di antara atau didelegasikan oleh rakyat telah berubah dari waktu ke waktu dan pada tingkat yang berbeda di berbagai negara, tetapi seiring waktu semakin banyak penduduk negara demokratis yang umumnya dimasukkan. Landasan demokrasi termasuk kebebasan berkumpul, berserikat, hak milik, kebebasan beragama dan berbicara, inklusivitas dan kesetaraan, kewarganegaraan, persetujuan dari yang diperintah, hak suara, kebebasan dari perampasan pemerintah yang tidak beralasan atas hak untuk hidup dan kebebasan, dan hak minoritas.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi demokrasi pada link berikut :

https://brainly.co.id/tugas/27707747

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

[answer.2.content]